Kehandalan Jaringan Broadband Telkomsel Sukses Teruji Lewat Ekspedisi Langit Nusantara

ElangNusa-Telkomsel-2_1Telkomsel selama satu bulan penuh melakukan pengujian langsung dari kehandalkan jaringan broadband-nya, melalui program Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa). Melalui penjelajahan dua buah drone melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia, dimana dimulai 14 April 2016, kini kedua drone bertemu dan mengakhiri perjalanan di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Petualangan drone itu sukses menyajikan tayangan video streaming (live dan recorded) yang menangkap keindahan Indonesia dari udara. Dalam ekspedisi itu, kehandalan jaringan broadband Telkomsel mampu mendukung secara penuh proses untuk menggunggah hasil tangkapan kamera dari drone Elang Barat dan Elang Timur ke www.telkomsel.com/elangnusa. Hingga akhir program, tayangan video streaming-nya telah disaksikan oleh masyarakat selama lebih dari 75 juta menit, dengan lebih dari 24 juta kali view. Adapun kecepatan rata-rata akses data selama perjalanan Elang Nusa berlangsung tercatat baik, di mana untuk download berada di angka 19,7 Mbps dan upload di angka 9,6 Mbps. Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan, “Kami bersyukur perjalanan Elang Nusa selama satu bulan penuh dapat terlaksana dengan baik, dan mampu menghadirkan tayangan video streaming keindahan Indonesia di berbagai lokasi, melalui dukungan jaringan broadband Telkomsel. Ekspedisi ini merupakan salah satu bentuk pembuktian dan komitmen Telkomsel kepada masyarakat dalam menawarkan layanan broadband yang handal. Melintasnya dua buah drone di berbagai kota di jalur Barat dan Timur Indonesia ini juga menunjukkan luasnya sebaran jaringan broadband Telkomsel yang hadir di berbagai lokasi.”

Dalam perjalanannya menangkap berbagai keindahan alam Indonesia dari udara sejauh 8.500 km, Elang Barat dan Timur juga menyapa langsung masyarakat melalui berbagai aktivitas menarik yang menunjukkan keunggulan layanan broadband, seperti di kota Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta, Malang, Banjarmasin, dan Makassar. Selain itu diadakan pula seminar seputar pemanfaatan teknologi digital untuk pengembangan sektor UKM, pariwisata dan kreatif, yang melibatkan pemangku kepentingan setempat, termasuk pemerintah daerah.    

“Dengan semakin terhubungnya masyarakat Indonesia, maka kehadiran layanan broadband ini diharapkan dapat mendorong produktivitas masyarakat di berbagai daerah, seperti dalam aspek sosial, ekonomi, pariwisata, industri kreatif dan lainnya,” papar Sukardi.
 
Ekspedisi ini juga menjadi bagian dari uji jaringan yang dilakukan Telkomsel guna menjaga kualitas terbaik mobile broadband, baik 4G maupun 3G, bagi pelanggan di mana pun mereka berada. Telkomsel terus fokus pada peningkatan kualitas jaringan mobile broadband guna memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menikmati layanan data. Seperti layanan Internet cepat 4G LTE yang terus diperluas sebaran layanannya, dan kini telah hadir di lebih dari 100 kota kabupaten. Sejauh ini Telkomsel telah menggelar lebih dari 4.500 eNode B (BTS 4G) dan dipercaya oleh 5 juta pelanggan. (*/wr)